Banjir yang menggenangi hampir di seluruh wilayah Kalimantan Selatan selama berhari-hari membuat aktifitas perekonomian di beberapa kabupaten/kota lumpuh. Apalagi wilayah terparah yang paling kena dampak banjir seperti daerah Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan Martapura, Kabupaten Banjar mengakibatkan beberapa desa terisolir baik dari sisi bantuan hingga akses komunikasi.
Menurut beberapa pengalaman, komunikasi menjadi hal yang sangat penting ditengah bencana. Karena tanpa komunikasi maka mustahil bantuan dapat dijangkau jika tak ada informasi dari penduduk yang terkena dampak.
Oleh sebab itu, nampaknya Telkomsel sudah memperhitungkan jauh hari akan situasi seperti ini sehingga satu dari beberapa provider penyedia komunikasi yang penulis ketahui memberikan bantuan berupa telpon gratis terhadap pengguna yang terkena dampak untuk sementara ini di Kalsel baru Telkomsel.
Sebelumnya Telkomsel bekerjasama dengan kitabisa.com dan Rumah Zakat juga mengadakan Program Donasi Peduli Bencana Banjir untuk wilayah Kalsel yang terdampak banjir dengan cara menukarkan jumlah poin Telkomsel menjadi sumbangan donasi di mana setiap 5 poin Telkomsel yang berhasil ditukarkan setara dengan Rp. 500,-.
Untuk menukarkan poin Telkomsel menjadi donasi bisa dengan cara ketik: BANJAR kirim ke 777, nanti akan mendapat balasan jika jumlah poin yang ditukar mencukupi.
Adapun sebagai wujud kepedulian Telkomsel terhadap bencana banjir di Kalimantan Selatan Telkomsel kembali memberikan paket gratis telpon dan sms untuk pengguna kartu Simpati, As dan Loop masing-masing 50 menit + 250 SMS ke semua operator yang berlaku selama 7 hari.
Cara untuk mendapatkan paket telpon dan sms gratis tersebut pengguna Telkomsel cukup mengaktifkannya lewat dial *888*20# atau dengan sms ketik: KALSEL kirim ke 8999.
Baca Juga:
Pengaktifan paket ini pun nampaknya hanya bisa digunakan oleh pelanggan di area terdampak banjir seperti pelanggan di kota Banjarmasin, kota Banjarbaru, kab. Banjar, kab. HST, kab. HSU, kab. HSS, dan kab. Tanah Laut dan itupun dapat dilakukan satu kali pembelian selama masih dalam masa aktif paket periode program 18-25 Januari 2021.
Kebetulan menurut pengalaman penulis yang berada di salah satu daerah yang terdampak banjir dapat mengaktifkan paket tersebut untuk digunakan berkomunikasi dengan keluarga sanak kerabat. Tentunya program ini sangat bermanfaat dan harapannya agar terus dilanjutkan jika ada daerah lain yang juga terdampak seperti di Kalsel.
Demikianlah pengalaman penulis menggunakan paket Telkomsel Peduli Banjir. Semoga informasi ini bermanfaat, tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa lagi di artikel pengalaman selanjutnya.